Cegah Malware Dengan Rajin Update Software Maupun Windows

tags: update terbaru, cara mencegah malware/virus, perbaikan bug, meningkatkan keamanan
Semua sistem operasi seperti Microsoft Windows dan Mac, serta browser seperti Firefox dan Chrome selalu mengeluarkan versi terbaru untuk menambal celah keamanan atau kekurangan di versi sebelumnya atau untuk menambahkan fitur-fitur baru. Meski tanpa mengupdate ke versi terbaru, pirantimu mungkin masih bisa berjalan, akan tetapi bahaya keamanan akan mengintai seperti pencurian identitas hingga infeksi malware. Nah, jika salah satu atau beberapa dari pernyataan di bawah ini terdengar akrab, maka kamu adalah seorang yang mudah terkena malware atau sasaran empuk malware.

- Tidak mengetahui apa itu phishing, worm atau malware
- Anti-virus dan anti-malware di pirantimu tidak pernah diupdate sejak kamu membeli komputer tersebut
- Kamu mempercayai link yang bersliweran di email, Twitter, Facebook dan di iklan-iklan online
- Merespon para spammer dengan mengatakan pada mereka untuk berhenti mengirimkan spam
- Kamu menyukai email berantai dan selalu menjawab survey serta kuis-kuis tanpa mengeceknya dulu
- Kamu mengabaikan pop-ups yang berisikan peringatan bahwa komputer, browser atau programmu butuh diupdate agar fitur keamanan terinstal

Berikut ini cara untuk mencegah malware maupun virus
1. Perkuat Penghalau Spam di Email. Hanya dengan langkah sederhana, kamu bisa menghalau spam agar tidak menghampiri emailmu. Di sejumlah layanan email tersedia pilihan level kekuatan penghalau spam ini. Pastikan kamu menyettingnya ke level terkuat. Pelajari juga tentang spam agar kamu tidak terjerumus dalam jeratannya. Spam bisa saja datang dari email, IM, situs jejaring, chat, forum, situs bahkan dari ponsel, kenali baik-baik tanda-tandanya.

2. Mengupdate Software Keamanan (Security Software). Buka program software keamanan di komputermu dan cermati apakah software tersebut masih bekerja alias up-to-date ataukah tidak. Bila tidak, segera lakukan update!

3. Mengupdate Browser. Download-lah Firefox 4 atau yang terbaru (saat ini sudah ada Firefox 5) bagi pengguna Firefox dan Internet Explorer 9 bagi pengguna browser IE serta untuk google chrome download lah versi terbarunya.

4. Mengupdate sistem operasi. Jika sistem operasimu tidak secara otomatis mengupdate, maka ikuti langkah berikut kemudian pilih settingan otomatis update untuk ke depannya.
- Bagi pengguna Windows: Klik 'Start' - 'All Programs' - Windows Update.
- Bagi pengguna Mac: Klik di bagian menu kemudian pilih 'Software Update'.

Sumber: Safeinternet
http://dedepurnama.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar