Jenazah Manusia Ditemukan dalam Jambangan Zaman Perunggu


Jambangan zaman perunggu yang telah ditemukan arkeolog

Dua jambangan kubur Zaman Perunggu yang berisi jenazah manusia ditemukan di dasar sebuah batu tegak di Angus. Para arkeolog menggali tanah di sekitar Carlinwell Stone di Airlie, dekat Kirriemuir, setelah batu tersebut jatuh pada musim dingin yang lalu.

Kedua jambangan tersebut – yang dikenal sebagai jambangan besar berkerah – berusia lebih dari 4000 tahun dan khas digunakan di pemakaman kremasi zaman Perunggu.

Satu dari jambangan tersebut berdiameter 4 in (10 cm), dan yang lainnya sekitar 8 in, kata arkeolog. Selanjutnya, Melanie Johnson, dari CFA Arkeologi Musselburgh menyatakan, “Jambangan tersebut berciri khas pemakaman kremasi di Zaman Perunggu awal.”

“Orang-orang dibakar pada onggokan kayu api dan peninggalan dikumpulkan, dimasukkan ke dalam jambangan dan dikubur terbalik dalam sebuah lubang.”

Bebatuan gosok
Melanie Johnson menyatakan ada “banyak tulang” di dalam dua jambangan itu, yang memungkinkan dapat menentukan jenis kelamin dan umur orang tersebut, dan apakah ada luka trauma dan sakit.

“Tulang tulang tersebut akan diteliti di sebuah laboratorium di Edinburgh, dan dianalis usianya lewat karbon-radio,” beliau menambahkan.

John Sheriff, seorang penyelidik dari Komisi Royal di Monumen Kuno dan Bersejarah Skotlandia, mengatakan hal itu mustahil untuk menentukan secara tepat tanggal batu, tapi sangat mungkin penemuan itu hidup di zaman neolitik atau perunggu, dan berusia sekitar 4.000 tahun.

Dia berkata: “Beberapa cara untuk membuktikan bahwa Carlinwell Stone adalah batu berdiri asli prasejarah, sesuatu yang harus ditentukan nanti.”

Sampel tanah dari seluruh soket batu akan dianalisa dan bahan organik yang ditemukan radio-karbon tanggal jika memungkinkan. Akan dilakukan beberapa cara untuk memecahkan misteri apakah batu itu didirikan untuk menandai kuburan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar