Twitter Tambahkan Opsi HTTPS Untuk Melindungi Pengguna Twitter

tags: keamanan twitter, twitter lebih aman, hack password twitter, mengambil mendapatkan password
Banyaknya pencurian password dan data-data sensitif dari jaringan Wi-Fi yang memang tidak semuanya aman, ternyata menggugah pihak Twitter untuk melakukan pengamanan lebih pada situsnya. Dengan menambahkan opsi pemakaian HTTPS pada settingannya, pihak Twitter berharap para user akan semakin aman dan nyaman saat Twitter-an. Twitter adalah perusahaan layanan online teranyar yang mendorong pemakainya untuk menggunakan koneksi situs yang terenkripsi. Dengan memilih untuk mengaktifkan HTTPS, komunikasi antara komputer milik user dan server Twitter akan terlindungi. Hal ini tentunya akan mengurangi risiko pengaksesan data oleh penjahat kriminal atau hacker.

Lewat blog resmi mereka, Twitter menjelaskan langkah mudah dalam pengaktifan HTTPS ini. Pengaktifan bisa dilakukan di kolom Settings dan mengklik “Always use HTTPS” yang berada di bagian bawah halaman. Jika sudah, maka apabila saat user berada di koneksi internet publik yang rawan, user bisa sedikit bernafas lega dan tak perlu takut kecolongan data.

Sebenarnya sebelum melakukan pengumuman resmi, HTTPS sudah bisa diakses pengguna Twitter namun dengan cara manual yakni mengetikkan HTTPS pada bar URL. Untuk ke depannya pihak Twitter berencana akan membuat settingan ini menjadi default alias otomatis tanpa perlu melakukan pengaturan di bagian Settings.

HTTPS sendiri sudah menjadi standar kemanan selama beberapa tahun di situs-situs layanan finansial. Meski pemakaian ‘jalur aman’ ini dituding menyebabkan performa koneksi lambat, namun jika ditengok dari segi keamanan yang dipetik maka sebaiknya user tidak perlu pikir dua kali.

Bukan hanya bisa dipakai untuk situs resmi Twitter, HTTPS juga bisa digunakan bagi penikmat aplikasi Twitter untuk iPhone dan iPad. Sedang bagi yang memakai website Twitter versi mobile, user masih harus melakukannya secara manual yakni dengan mengetikkan HTTPS sebelum login. Lantas bagaimana dengan pengguna Twitter yang memakai aplikasi pihak tiga yang lain?

Disarankan user tidak malas untuk mengecek apakah aplikasi yang digunakannya bisa diakses melalui HTTPS atau tidak. Demi keamanan password dan data lain yang kamu miliki, ayo lakukan langkah pengamanan di atas!

Sumber: Twitter
http://dedepurnama.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar