Era 'Mangkuk Debu' Mengintai Bagian Bumi

Headline
Kekeringan yang terjadi saat ini kian lama kian parah. Bahkan di beberapa daerah, saking parahnya kekeringan akan memicu era Dust Bowl (DB).Saat badai debu dalam skala kerdil terus muncul, era DB yang pernah terjadi pada 1930-an bisa terjadi kembali, terutama di Amerika Barat. Bukti menunjukkan, musim panas lalu, badai debu raksasa menghantam Arizona.

Saat itu, tinggi badai debu yang mencapai 1,6 kilometer dengan lebar 160 kilometer ini melumpukah jaringan listrik yang ada serta menciptakan kemacetan dan memaksa terjadinya pembatalan penerbangan.

Saat Arizona, California, Colorado, New Mexico, Oklahoma, Utah dan negara lain sedang mengalami kondisi kekeringan, para peneliti khawatir ini akan menjadi awal dimulainya era DB di wilayah itu.

Menurut peneliti, permasalahan yang muncul adalah naiknya suhu akan berkontribusi secar langsung dan tak langsung pada kemunculan lebih banyak debu di udara.

Kekeringan tetap, pola cuaca yang makin mengganas dan bervariabel serta pengembangan kota dan pinggiran akan memperparah masalah ini.

Pada 20 tahun mendatang, Amerika Barat bisa bertransisi menjadi lingkungan DB untuk waktu yang lama, kata para peneliti seperti dikutip UPI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar