Bagaimana Cara Disable Program Startup Pada Windows 7, XP dan Vista?

Banyak aplikasi atau software saat ini yang menjalankan beberapa komponen mereka setiap saat komputer dinyalakan, apakah program sedang digunakan atau tidak. Komponen-komponen ini akan dimasukkan ke dalam Windows Startup sehingga mereka berjalan setiap kali Anda menghidupkan komputer Anda tanpa izin Anda. Semua program tersebut memakan memori, waktu load CPU, dan sumber daya lainnya dan dapat secara signifikan memperlambat atau bahkan membuat crash sistem anda. Untuk mempercepat komputer, Anda harus tidak mendisable atau menonaktifkan program yang tidak perlu pada saat komputer startup.

Bagaimana Saya Bisa Nonaktifkan Program Dari Windows Startup?
Ada banyak cara untuk mencegah program agar tidak berjalan pada saat startup. Beberapa metode yang umum tercantum di bawah ini.

Cara 1: Konfigurasi Windows Folder Startup untuk Windows 95/98/Me/XP/Vista/7
Anda mungkin menemukan beberapa cara pintas program jika Anda pergi ke (Start - Programs - Startup) atau (Start - All Programs - Startup). Program cara pintas ini akan berjalan saat startup. Hapus saja shortcut yang Anda tidak ingin berjalan saat startup.

- Win9x/98/Me – C:\Windows\Start Menu\Programs\StartUp
- WinNT/2K – C:\Winnt\Profiles\All Users\Start Menu\Programs\StartUp
- WinXP – C:\Documents and Settings\All Users\Start Menu\Programs\Startup

Cara 2: Menggunakan System Configuration Utility (msconfig)
Cara termudah untuk mengakses MSCONFIG adalah dengan pergi ke "Start", kemudian ketik msconfig (untuk windows 7 dan Visat) Untuk Windows XP (Start - RUN - Klik msconfig kemudian enter).

Selanjutnya Di bawah tab Startup ada daftar semua program yang dimulai di Registry Windows. Cukup hapus tanda centang program yang tidak ingin startup saat windows dinyalakan. Setelah Anda membuat pilihan Anda, klik Apply dan Ok.

Saran saya:
Beberapa program startup mungkin penting seperti antivirus dan beberapa program yang memang berfungsi saat komputer dinyalakan.

http://dedepurnama.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar