Sekilas Misteri Tenggelamnya Titanic

Sekilas Misteri Tenggelamnya Titanic

Titanic tenggelam dan menewaskan 1.517 orang pada 15 April 1912. Kisah spektakuler dan sungguh luar biasa mengenai misteri tenggelamnya masih menyedot banyak perhatian. Apalagi saat ini, film 3D Titanic telah mulai dipasarkan, menambah fenomena Titanic seakan tiada henti.

Bila kita membicarakan mengenai penyebab tenggelamnya kapal yang dibuat untuk tidak tenggelam tersebut, memang terdapat berbagai kisah dan versi, baik yang bersifat mistis dan juga ilmiah.

Perayaan 100 tahun Titanic yang berlangsung 15 april 2012 lalu, juga masih banyak menimbulkan berbagai cerita mengenai tenggelamnya kapal raksasa tersebut. Versi tahayul atau mistis juga mempunyai ragam cerita dengan alur dan bumbu khas masing-masing.

Dalam satu cerita mistis mengenai tenggelamnya RMS Titanic, menyebut bahwa Titanic terkena kutukan, karena membawa artefak kuno Mesir. Dalam perjalanannya Titanic mengangkut sebuah mumi kuno. Mumi itu milik seorang kolektor barang antik dari Inggris, Lord Canterville.

Karena harganya yang begitu tingginya, maka tempat penyimpanannya dilakukan khusus dan ditempatkan didekat ruangan Kapten Smith. Masih menurut mereka yang mengetehui Mumi itu, bahwa Mumi yang dibawa kedalam Titanic adalah mayat seorang tukang Sihir, ahli nujum dan Peramal yang sangat sakti, hidup dalam jaman Amenophis IV.

Diduga makamnya telah diketemukan di Tell el-Amarna. Mumi itu, seperti halnya mumi-mumi Mesir lainnya, mengenakan sangat banyak benda – benda jimat dan unsur-unsur mistis lainnya.

Di bagian kepala, terdapat sebuah amulet, yang berisi gambar Dewa Osiris, disertai tulisan, yang berbunyi sebagai berikut: “Bangunlah dari tidur anda yang nyenyak; sorot mata anda akan mengalahkan segalanya, yang dilakukan terhadap anda”.

Disinyalir juga, Mumi sang peramal itu dapat mengeluarkan hal-hal yang berbentuk mistis dan diluar logika akal sehat, bahkan dapat mempengaruhi sistem navigasi dan serta terkadang memancarkan kekuatan medan magnet yang amat kuat.

Lain lagi dengan teori dari Donald Olson, fisikawan dari Texas State University yang menjadi bagian tim astronomi forensik yang meneliti peran gravitasi bulan, terhadap keberadaan gunung es di jalur pelayaran Titanic.

Hubungan lunar ternyata bisa menjelaskan bagaimana gunung es yang luar biasa banyak ada di jalur yang dilalui Titanic,” kata Olson kepada kantor berita Reuters.

Olson juga menyelidiki spekulasi ahli kelautan Fergus Wood bahwa pergerakan lunar mendekati bumi yang tidak biasa pada Januari hingga Mei 1912.

Kemungkinan pada waktu-waktu tersebut menghasilkan air pasang tinggi sehingga gunung-gunung es bergerak lebih jauh dari biasanya sampai terpisah dari Greenland dan mengapung sampai ke jalur pelayaran kapal.

Namun ada hal yang mengejutkan banyak orang akhirnya terungkap mengenai misteri tenggelamnya Titanic. Adalah Louise Patten, seorang pengusaha wanita Inggris yang juga merupakan direktur perusahaan FTSE 100.

“Kebenaran adalah kebenaran”, ungkapnya. Namun semua kebenaran tentang informasi tersebut tersembunyi dan terlindung dengan sangat-sangat baiknya selama hampir 100 tahun.

Ia mengatakan bahwa neneknya telah mengungkapkan sebuah rahasia ketika Patten berusia 16 tahun tetapi Patten dilarang untuk membocorkannya karena akan menyebabkan dua hal yang sangat riskan. Semua dia tuliskan dalam rahasianya di novel terbarunya yang berjudul “Good as Gold”.

Rumit dan begitu kompleksnya teori-teori mengenai tenggelamnya Titanic, hingga akhirnya generasi dari “Titanic Second Officer” , Charles Lightoller, mengungkapkan inti dari tenggelamnya Titanic. Karena Titanic benar-benar tidak akan tenggelam oleh sebab apapun kecuali memang dibuat tenggelam oleh penciptanya atau pemiliknya sendiri.

andre scevonovonic

Tidak ada komentar:

Posting Komentar