VIDEO: Arca Manusia di Air Terjun Pagaralam



Arca yang ditemukan di Pagaralam (Antara Photo)




Arca ditemukan dalam kondisi berselimut lumut dan tertutup air terjun.

Arca berbentuk manusia dan gajah ditemukan di dinding air terjun di Cawang Lama, Kecamatan Dempo Utara, Kota Pagaralam, Sumatera Selatan. Terletak di dekat kebun kopi, arca ditemukan dalam kondisi berselimut lumut dan tertutup air terjun. Setelah lumut dibersihkan, baru jelas bentuk arca itu mirip kepala manusia dan gajah.



Belum diketahui pasti, apakah arca tersebut adalah peninggalan Kerajaan Sriwijaya atau zaman Megalithikum. Penduduk telah melaporkan penemuan ini ke pihak berwenang.



Bukan kali ini saja warga Pagaralam menemukan relik sejarah. Sebelumnya mereka menemukan miniatur vihara yang terbuat dari marmer dan dilapisi logam. Juga ada patung prajurit, batu gong, rumah batu, batu mirip palu, dan patung gajah.



Pagaralam memang dikenal kaya warisan purbakala. Seperti dimuat situs Pemerintah Kabupaten Pagaralam, di antara temuan itu antara lain adalah lukisan purba di hutan belantara Besemah.



Lihat video temuan arca di air terjun



Video














Please install the Flash Plugin















Penemuan Arca Manusia di Bebatuan Air Terjun


Benda purbakala berupa arca berbentuk manusia dan kepala gajah ditemukan warga kota Pagar Alam, Sumatra Selatan, warga sudah melaporkan penemuan ini kepada Pemda setempat agar bisa siteliti lebih lanjut.









Kode:

<iframe scrolling="no" frameborder="0" width="300" height="400" src="http://www.vivanews.com/embed/video/18690/" allowtransparency="true" style="border:1px solid #ccc"></iframe>







Tidak ada komentar:

Poskan Komentar