Bakteri Tertua Ditemukan di Australia

Para ilmuwan dari University of Western Australia dan Oxford University telah menemukan fosil mikro tertua bumi di Australia. Penemuan mikroskopis mereka menjadi bukti yang meyakinkan bahwa sel-sel dan bakteri mampu berkembang dalam dunia bebas oksigen lebih dari 3,4 miliar tahun lalu.

Kantor berita Reuters dan AFP, Senin (22/8/2011), melaporkan, tim yang dipimpin oleh David Wacey dari University of Western Australia melaporkan temuan dalam jurnal Nature Geoscience.

Temuan menunjukkan kehidupan awal itu berbasis sulfur atau belerang. Bakteri tersebut hidup dari metabolisme belerang dan bukan mengambil oksigen untuk keperluan energinya.

Temuan ini juga mendukung gagasan bahwa bentuk-bentuk kehidupan yang sama bisa ada di lain planet di mana tingkat oksigen yang rendah atau bahkan tidak ada. Sampel bakteri tersebut berasal dari wilayah Pilbara yang terpencil Australia Barat, dalam situs yang disebut kolam Strelley. Bakteri tersebut terawetkan di antara butir pasir kuarsa.

Pilbara telah dikenal memiliki beberapa formasi batuan tertua. "Akhirnya kita memiliki bukti yang solid baik untuk kehidupan lebih dari 3,4 miliar tahun lalu. Hal itu menegaskan ada bakteri hidup tanpa oksigen," kata Martin Brasier, seorang profesor di Oxford University, dalam sebuah siaran pers.Bakteri yang hidup dari belerang itu masih ada sekarang.

AFP/Reuters

Tidak ada komentar:

Posting Komentar