Cara Menguji Keamanan Jaringan Dengan Axence Net Tools

tags: keamanan jaringan, periksa jaringan, cegah hacker masuk jaringan, memperkuat keamanan jaringan

Komputer atau PC sering terhubung ke dunia luar melalui port. Setiap komputer atau PC terdiri atas 65.535 port. Jika kamu ingin mengirim data ke komputer yang lain maka sebuah program harus mengiriminya melalui nomor port yang spesifik. Komputer atau PC yang akan menerimanya pun juga harus menjalankan program yang sudah diatur untuk menerima data dari port yang telah ditentukan. Sehingga data yang dikirim tadi dapat dibaca oleh komputer lainnya.



Ternyata di dalam dunia nyata prosesnya tersebut tidak sesederhana itu. Kondisi port yang "terbuka" justru bisa dimanfaatkan hacker untuk melakukan akses ilegal terhadap PC tersebut. Itu sebabnya ada firewall. Firewall dibuat untuk menutupi port yang tidak digunakan dan mengontrol penggunaan port aktif dari orang yang tidak berhak untuk mengaksesnya.



Setelah menginstal dan mengonfigurasi firewall, pastikan semuanya sudah benar-benar aman. Caranya, gunakan software Axence Net Tools (Axence Net Tools Pro4). Berikut ini langkah-langkahnya untuk memeriksa jaringan komputer kamu:



- Download dan install Axence Net Tools



- Setelah kamu instal, klik tombol "Start", ketik "nettools" pada kolom pencarian dan tekan Enter



- Setelah NetTools terbuka, klik opsi "Scan Host"



- Pada boks Address, ketik "localhost" untuk pemindaian lokal. Untuk pemindaian komputer lain, ketik alamat IP-nya di boks ini



- Atur port yang akan dipindai. Di NetTools kamu memiliki lima opsi: Services, Port (Well known), Ports (Well known-extended), Ports (Range), and Ports (Trojan). Pilih Ports "Range" untuk memindai semua port.



- Tekan tombol "Scan" di sebelah kotak alamat.



Sekarang kamu bisa mengetahui tingkat keamanan komputer dan firewall menggunakan Axence Net Tools.

Selamat mencoba...

Untuk Cara mendapatkan uang Melalui Internet bisa anda baca DiSini

http://dedepurnama.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar