340 Undecillion Alamat IP di Siapkan IPv6

Protokol internet baru, IPv6, bakal menyiapkan 340 undecillion alamat Internet Protocol (IP) baru. Artinya, terdapat 340 triliun, triliun, trilun alamat IP baru yang bisa digunakan. Tiga puluh tahun setelah alamat internet pertama diciptakan, stok empat miliar alamat IP itu akhirnya benar-benar habis, Kamis kemarin. Pada sebuah upacara khusus di Miami, Amerika Serikat (AS), organisasi yang menangani alokasi alamat IP global mendistribusikan batch terakhir alamat dari IPv4.

Melimpahnya berbagai gadget dengan koneksi internet serta popularitas situs-situs seperti Facebook dan Twitter mengakibatkan persediaan alamat internet terkuras habis.

Untungnya, para pelaku teknologi sudah menyiapkan solusinya. Yakni, mengganti protokol internet IPv4, yang diperkenalkan pada 1981 lalu, dengan IPv6 yang bakal menyediakan sekira 340 triliun, triliun, triliun (undecillion) alamat baru.

"Jika kapasitas IPv4 digambarkan seperti bola golf, maka perbandingan ukuran untuk IPv6 adalah seperti matahari," cetus ketua eksekutif American Registry for Internet Numbers, John Curran, seperti dikutip Straits Times, Kamis (4/2/2011).
http://dedepurnama.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar