Mitos Dan Legenda, Kisah Tragis Theseus, sepupu dari Hercules



Theseus adalah sepupu dari Hercules. Ia anak dari raja Athena. Sebelum raja Athena pulang ke Athena, ia meletakkan pedang dan sandalnya di bawah batu karang besar, jika theseus sudah cukup kuat, ia harus mengangkat batu itu serta membawa pedang dan sandal kepada rajanya di Athena. Ketika Theseus berusia 16 tahun, ia dgn mudah mengangkat batu itu dan mengambil barang-barang milik ayahnya. Tidak lama kemudian Theseus memulai perjalanannya ke Athena untuk menghadap ayahnya, Raja Aegus. Pada hari pertama perjalanan ia bertemu Periphetes, orang liar yg galak. Periphetes selalu membawa gada besi yg digunakan untuk membunuh siapa saja yg lewat dihadapannya. Dgn beberapa ayunan pukulan, Theseus mengalahkan orang liar itu dan mengambil gadanya.

Setelah itu Theseus bertemu dgn Sinis, putra Poseidon. makhluk jahat ini punya kebiasaan buruk mengikat para pelancong di puncak pohon pinus. lalu ia akan melengkungkan pohon itu hingga menyentuh tanah. Sinis kemudian melepaskan pohon pinus itu dan pada waktu pohon kembali melayang ke posisi tegak, korbannya akan terlempar ke udara. Namun Theseus ternyata dgn mudah menghajar Sinis. Di lereng Megaris, Theseus bertemi Sciron, manusia jahat yg memaksa pelancong mencuci kakinya, ketika pelancong menunduk Sciron akan langsung menendang mereka melewati tebing masuk ke dalam laut. Namun kali ini justru Theseus lah yg menendang Sciron menghantam batu karang.

Salah satu petualangan yg terkenal terjadi ketika Theseus bertemu Procrustes. Procrustes memaksa korbannya berbaring di tempat tidur, jika orang yg tidur tubuhnya terlalu panjang daripada tempat tidurnya, raksasa itu memotong bagian tubuhnya, namun jika tubuh orang yg tidur itu terlalu pendek maka proscrustes akan menariknya supaya panjang. Theseus menangkap Proscrutes dan melakukan hal yg sama sebagai hukuman.

Saat tiba di Athena, Theseus bertemu Medea yg merupakan istri baru ayahnya. Medea iri dan berusaha meracuni Theseus, tapi raja menyadari dan mencegah anaknya meminum racun itu. Aegus lalu membuang isterinya dari Athena. Saat ini Athena dalam kesulitan besar, karena dipaksa membayar upeti pada raja minos dari kreta. Bertahun-tahun yg lalu Minos mengalahkan Athena. ia mengancam akan membumi hanguskan kota kecuali tiap tahun 14 anak muda dikirim ke kreta sebagai mangsa Minotaur, monster bertubuh manusia dan berkepala sapi jantan.Theseus pun berjanji akan mengakhiri semua ini.

Ketika tiba waktunya mengirim 14 anak muda, Theseus menawarkan diri utk pergi sebagai salah satu korban. Sebelum kapal berangkat menuju kreta dgn layar hitam, Theseus memberi tahu ayahnya jika ia berhasil menumpas minotaur, kapal yg kembali akan memasang layar putih, namun jika ia dikalahkan minotaur, layar hitam akan tetap berkibar. Ketika Theseus tiba di kreta, ia mengaku sebagai anak poseidon kepada Minos, untuk mmbuktikan pengakuan theseus, maka raja minos melempar cincinnya ke laut dan memerintahkan theseus mencarinya. Theseus pun menyelam untuk mencari dan kembali bukan hanya membawa cincin tapi juga mahkota emas milik isteri poseidon, raja Minos pun terkesan.

Saat berada di kreta, Ariadne anak perempuan minos jatuh cinta pada theseus dan ariadne pun menolong theseus dalam penyelidikannya membunuh minotaur yg dikurung dalam labirin. Labirin ini sangat berliku-liku dan orang mudah tersesat, tapi ariadne memberi pedang untuk membunuh minotaur serta memberi benang untuk diikat di pintu masuk, sementara ia menyusuri koridor ia menguraikan benang, begitu ia membunuh binatang buas itu, ia dapat menemukan jalan keluar dgn menggunakan benang sebagai petunjuk. Misinya berhasil, Minotaur tewas, Theseus segera mengumpulkan ariadne dan ke 13 pemuda yg pergi bersamanya ke kreta lalu memasang layar ke Athena. Dalam perjalanan pulang ariadne di tinggal di pulau naxos karena dewi minerva memerintahkan Theseus melakukan hal itu.

Karena gembira atas kemenangannya menaklukkan Minotaur, Theseus lupa mengubah layar hitam kapalnya. ketika kapal mendekati pantai Athena, raja Aegus melihatnya dari pantai. Karena layar hitam masih berkibar di tiang, Aegus mengira Minotaur telah melahap anaknya. karena sedih raja Aegus menceburkan dirinya ke dalam laut. Dengan kematian ayahnya, Theseus menjadi raja Athena. ia adalah penguasa yg baik dan adil yg memberlakukan hukum yg bijaksana bagi rakyatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar