Kuil dan 14 Makam Raja di Peru Utara

Sebuah kuil penting keagamaan budaya Mochica, bersama sekelompok makam dari seluruh budaya yang mendiami pantai utara Peru dari 1.500 SM sampai penaklukan Spanyol, baru baru ini ditemukan di Lambayeque daerah pantai utara Peru.

Berdasarkan laporan yang dikutip dari Herald Tribune, Jumat (04/02/2011), Edgar Bracamonte, arkelogis yang mengepalai proyek tersebut, menyatakan bahwa penemuan menunjukkan daerah itu, yang terkenal dengan penemuan makam Raja Sipan yang luar biasa – yang dianggap Tutankhamun Amerika – telah memberikan banyak kejutan pada simpanannya.

Penggalian dimulai di makam Pra-Kolumbia di Santa Rosa November lalu sebagai bagian rangkaian proyek yang meliputi ekplorasi baru dan juga penggalian untuk melindungi situs arkeologi dari cuaca dan melindungi situs dari penjarahan oleh perampok makam.

Temuan arkeologi penting yang diangkat sampai sekarang meliputi 14 makam, lengkap, dengan corak semacam budaya Chimu, Lambayeque dan Inca, serta situs kubur lain yang ditemukan terbuka dan rusak – bukan oleh perampok makam arkelologi tetapi oleh budaya kuno yang sama yang telah mendiami daerah tersebut berabad-abad

Apa yang kami temukan pada situs tersebut merupakan rangkaian pekerjaan budaya pantai utara Peru di Desa Lambayeque, dari muasalnya yang primitif sampai Inca – dengan kata lain dari 1.500 SM sampai tibanya Orang-Orang Spanyol di daerah itu,” kata Bracamonte.

Bagi para arkeologis, kelimpahan peninggalan semua budaya ini menunjukkan pentingnya situs tersebut, yang juga, karena peninggalan –peninggalan tersebut terkonsentrasi pada satu titik pusat Desa Lambayeque dan bukan pada satu sisi seperti makam-makam Sipan, menjadikan tempat itu “titik control dan pertukaran antara pegunungan dan pantai.”

Penemuan besar lain yang sampai sekarang juga dihubungkan dengan lokasi geografi strategi: sebuah kuil budaya Mochica dari antara 550 dan 800 M.

Kuil ini diberi nama “Kuil Tanah Liat” karena teknik bangunan yang dipakai, yang berbeda dari batu bata yang digunakan bangunan kuno daerah sekitarnya.

“Ini adalah tipe arsitektur tradisional di pegunungan Peru,” kata Bracamonte, menambahkan bahwa sejumlah tempat persembahan yang ditemukan bersama altar dan panggung menunjukkan pentingnya daerah tersebut secara keagamaan.

Ekplorasi akan terus dilakukan di kuil tersebut, tempat benda-benda persembahan dan benda keramik telah tergali == hasil ini, menurut para arkeologis, akan menyibak “evolusi budaya di daerah Peru dan proses sinkretismenya.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar