Seperti Apakah Wajah NABI MUHAMMAD SAW ?

Berikut ada beberapa hadist yang meriwayatkan tentang wajah Nabi. Semoga bagi teman teman baik muslim maupun non muslim yang masih penasaran, seperti apakah Wajah Nabi yang begitu dicintai umat Islam ini.


1. Seorang lelaki bertanya kepada Albarra bin Azib ra : Apakah wajah Rasul saw seperti pedang ? (bukankah beliau banyak berperang, apakah wajahnya bengis bak penguasa kejam), maka menjawablah Albarra bin Azib ra : Tidak.. tapi bahkan wajah beliau bagai Bulan Purnama.., (kiasan tentang betapa lembutnya wajah beliau yang dipenuhi kasih sayang) (Shahih Bukhari hadits no.3359, hadits serupa Shahih Ibn Hibban hadits no.6287).

2. Diriwayatkan oleh Jabir bin samurah ra : wajah beliau saw bagaikan Matahari dan Bulan (Shahih Muslim hadits no.2344, hadits serupa pada Shahih Ibn Hibban hadits no.6297),

3. Riwayat Sayyidina Ali, yang mengatakan : seakan akan Matahari dan Bulan beredar di wajah beliau saw. (Syamail Imam Tirmidzi).

* 3 tahun lalu
* Lapor Penyalahgunaan

Rincian tambahan
Lanjutan Hadist Wajah Nabi Muhammad

4. Riwayat Umar bin khattab ra bahwa Rasul saw adalah manusia yang bibirnya paling indah .Al Imam Alhafidh Syeikh Abdurrahman Addeba mengumpulkan ciri ciri sang Nabi saw : Beliau saw itu selalu dipayungi oleh awan dan diikuti oleh kabut tipis, hidung beliau saw lurus dan indah, Bibirnya bagaikan huruf Miim (kiasan bahwa bibir beliau tak terlalu lebar tak pula sempit dan sangat indah), Kedua alisnya bagaikan huruf Nuun, (kiasan bahwa alis beliau itu tebal dan sangat hitam dan bersambung antara kiri dan kanannya).

5. Dari Abi Jahiifah ra : Para sahabat berebutan mengambil telapak tangan beliau dan mengusapkannya di wajah mereka, ketika kutaruh telapak tangan beliau saw diwajahku ternyata telapak tangan beliau saw lebih sejuk dari es dan lebih wangi dari misik (Shahih Bukhari hadits no.3360).

3 tahun lalu
6. Berkata Anas ra : Tak kutemukan sutra atau kain apapun yang lebih lembut dari telapak tangan Rasulullah saw, dan tak kutemukan wewangian yang lebih wangi dari keringat dan tubuh Rasul saw (Shahih Bukhari hadits no.3368).

7. Kami tak melihat suatu pemandangan yg lebih menakjubkan bagi kami selain Wajah Nabi saw. (Shahih Bukhari hadits no.649 dan Muslim hadits no.419)

8. Dan beliau saw itu adalah manusia yg terindah wajahnya, dan terindah akhlaknya (Shahih Bukhari hadits no.3356) .

9. Dan beliau saw itu adalah manusia yg termulia dan manusia yg paling dermawan, dan manusia yang paling berani. (Shahih Bukhari hadits no.5686)

10. Dari Abu Hurairah ra : Wahai Rasulullah.., bila kami memandang wajahmu maka terangkatlah hati kami dalam puncak kekhusyuan, bila kami berpisah maka kami teringat keduniawan, dan mencium istri kami dan bercanda dengan anak anak kami. (Musnad Ahmad Juz 2 hal.304, hadits no.8030 dan Tafsir Ibn katsir Juz 1 hal.407 dan Juz 4 hal.50)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar