Calibre Software Konversi atau Mengubah Berbagai Format E-book

tags: cara membuat ebook, ubah format ebook, software ganti format pdf, bikin ebook
Calibre tidak hanya gratis (free), tetapi juga open source. Konversi berbagai format ebook hanya merupakan salah satu fitur yang disertakannya. Calibre memberikan berbagai fitur termasuk Manajemen Koleksi ebook yang kita miliki, sinkronisasi ebook dengan ebook reader, download berita dari website dan dijadikan ebook, pembuka berbagai format ebook dan lainnya. Jika kita hanya punya satu format ebook, misalnya PDF, dan ingin membaca ebook di perangkat lainnya, maka Calibre merupakan software yang cocok untuk melakukan hal ini.

Format yang didukung
Untuk masukan file (Input), format file yang didukung yaitu : CBZ, CBR, CBC, CHM, EPUB, FB2, HTML, LIT, LRF, MOBI, ODT, PDF, PRC**, PDB, PML, RB, RTF, SNB, TCR, TXT.
Selanjutnya untuk keluaran atau hasil konversi ebook (Output) adalah : EPUB, FB2, OEB, LIT, LRF, MOBI, PDB, PML, RB, PDF, SNB, TCR, TXT

Melihat format-format diatas, format dokumen doc tidak terlihat. Hal ini karena format doc dinilai kurang (tidak) konsisten dengan spesifikasi formatnya sendiri. Sehingga jika kita punya dokumen dalam format doc, sebaiknya disimpan (export) dalam format PDF terlebih dahulu atau disimpan dalam format RTF, baru kemudian di konversi ke format ebook lainnya.

Untuk menggunakan Calibre, setelah di download dan di install, maka setelah dijalankan pertama kali, Calibre akan menanyakan lokasi (folder) untuk menempatkan ebook yang kita masukkan. Setelah Calibre dijalankan, maka kita bisa langsung menambahkan ebook-ebook ke dalamnya ( melalui Icon Add books ). Selanjutnya Calibre akan mengatur dan menampilkan ebook, bisa berdasarkan format filenya (ebook), penulisnya, seri, penerbit, rating dan lainnya.

Beberapa fungsi yang bisa didapatkan baik melalui menu di Icon program atau klik kanan dari daftar ebook, antara lain :

- Mengubah (edit) metadata. Untuk mengubah informasi internal tentang ebook, misalnya: Penulis, judul, tags, penerbit, cover buku, ISBN memberikan komentar dan lainnya
- Konversi Format Ebook, baik konversi ebook yang dipilih (melalui menu Convert Individually) atau langsung banyak ebook (Bulk convert).
- Membuka langsung ebook yang ada. Jika kita mendapatkan format ebook yang tidak bisa dibuka, maka bisa kita coba masukkan ke Calibre dan lihat/baca melalui menu View.
- Membagi ebook (share)
- Mendapatkan berita dari website tertentu (menu Fetch news)
- Menyimpan ebook format tertentu ke folder/disk

Calibre tersedia untuk Windows (ukuran 37 MB), Mac dan Linux. Klik dibawah ini untuk mendapatkannya...

Download Calibre

Jika Muncul Adf.ly klik SKIP AD untuk mendownload filenya

http://dedepurnama.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar