Moyang Semesta Lebih Modern dari Perkiraan'

Headline
Hasil studi terbaru mengungkap, sup zat kimia semua kehidupan berevolusi dengan lebih rumit dari perkiraan sebelumnya. Organisme mentah semesta ternyata lebih modern.

LUCA (last universal common ancestors) merupakan nama yang diberikan untuk organisme mentah yang kini bisa ditemui di semua domain kehidupan, mulai dari tanaman, binatang, jamur, ganggang, dan lainnya.

Hanya ada sedikit informasi mengenai kakek buyut evolusi ini. Bahkan kini, ilmuwan masih berdebat apakah organisme ini benar sebuah sel. Hasil studi menyatakan, LUCA jauh lebih modern dari perkiraan sebelumnya dengan struktur lebih rumit yang membuatnya diidentifikasi sebagai sel.

Selain itu, hasil studi yang diterbitkan di Biology Direct ini menyatakan, situs penyimpanan polyphosphate, sejenis ‘mata uang’ dalam sel, mewakili organel semesta yang pertama dikenali yang memiliki fungsi tertentu serupa organ pada manusia.

Menariknya, organel ini awalnya diduga tak biasa ditemukan di tiga cabang kehidupan (bakteri, archea dan eukaryotes). Setelah melakukan pelacakan sejarah evolusi enzim protein bernama V-H+PPase, hasil studi ini menyatakan, organel biasa ditemukan disana.

“Banyak penjelasan ini namun yang palin mungkin adalah, Anda memiliki enzim ini jauh sebelum diversifikasi dimulai di Bumi. Protein ini sudah ada dan diwariskan ke semua garis keturunan,” papar profesor Gustavo Caetano-Anolles.

Temuan ini menunjukkan, LUCA lebih rumit disbanding organisme paling sederhana yang hidup saat ini. “Nampaknya kita meremehkan betapa rumitnya organisme ini sebenarnya,” ujar pemimpin studi Manfredo Seufferheld seperti ditulis DM.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar